KAMU HARUS TAHU! ini 5 Hal yang Dapat Mengganggu Kesuburan


Berikut ini lima hal yang dapat mengganggu kesuburan Anda.

1. Merokok
Merokok dapat mengurangi tingkat kesuburan, baik pada pria maupun wanita. Rokok mengandung banyak toksin, yang dapat membuat kesuburan Anda menurun. Merokok diketahui dapat memperpendek usia subur dan mempercepat datangnya menopause hingga lima tahun.

2. Kelebihan berat badan
Kelebihan berat badan bukan hanya dapat meningkatkan risiko diabetes. Kelebihan berat badan juga dapat memengaruhi kesuburan. Berat badan yang berlebih pada wanita dapat mengurangi kualitas sel telur dan frekuensi ovulasi. Sementara kelebihan berat badan pada pria dapat menurunkan kualitas sperma.

3. Obat antidepresi
Konsumsi obat antidepresi dapat menyebabkan kerusakan DNA pada sperma, yang dapat memengaruhi kemampuan seksual. Seorang pria yang mengonsumsi obat antidepresi akan sulit untuk membantu pasangannya dalam mendapatkan kehamilan. Sementara itu, konsumsi obat antidepresi pada wanita dapat membahayakan pertumbuhan janin.

4. Kopi
Minum kopi lebih dari dua cangkir per hari, dapat mengganggu produksi sperma. Wanita yang mengonsumsi kopi lebih dari dua cangkir per hari, juga memiliki risiko keguguran dua kali lebih besar. Maka bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, berhenti minum kopi merupakan satu langkah yang sangat disarankan.

5. Stres
Stres merupakan salah satu faktor yang menurunkan tingkat kesuburan. Stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, yang justru dapat menekan kemampuan sistem reproduksi. Stres juga dapat membuat seseorang malas berolahraga, makan sembarangan, dan kurang tidur, yang membuat kesehatan tidak terjaga.

Sumber : 1health.id
Post a Comment